Tempat Wisata Terbaik Di Aceh Yang Banyak Di Kunjungi Wisatawan

Share:

Tempat Wisata Terbaik Di Aceh Yang Banyak Di Kunjungi WisatawanTraveling Aceh (Atjeh) adalah sebuah wilayah yang merupakan bagian dari provinsi yang ada di Indonesia. Posisi Aceh yang strategis terletak di ujung utara dari pulau Sumatera. Ibu kota dari Provinsi Aceh adalah Banda Aceh. Sekitar 4.500.000 jiwa mendiami provinsi ujung sumatera.

Aceh menurut sejarah adalah tempat dimulainya penyebaran Islam di  seluruh Indonesia dan ikut berperan penting dalam syiar Islam di Asia Tenggara.  Sejarah mencatat bahwa Aceh (Atjeh) Pada awal abad ke-17 melalui Kesultanan Aceh merupakan negara terkaya, terkuat, serta termakmur  yang berada di kawasan Selat Malaka.

Aceh juga dianugrahkan dengan berbagai sumber daya alam yang melimpah oleh Tuhan, dan termasuk diatanranya adalah minyak bumi dan gas alam. Para Ahli memperkirakan sumber daya alam cadangan gas alam Aceh merupakan yang terbesar di dunia. Provinsi Aceh juga populer dengan ke alamian dari hutannya yang berada di sepanjang Bukit Barisan  serta dari Kutacane di Aceh Tenggara sampai Ulu Masen di Aceh Jaya. Aceh memiliki keistimewaan dengan adanya taman nasional yang diberi nama Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) terletak di Aceh Tenggara.

Aceh banyak mengalami perubahan setelah Aceh mengalam musibah bencana Tsunami yang banyak memakan korban rakyat Aceh, lebih dari 100 ribu orang meninggal akibat bencana ini. Akibat dari bencana ini telah berdampak kepada masyarakat Aceh, baik dari masyarakatnya dan juga daerah wisata.

Tempat tempat wisata di aceh malah makin bertambah setelah Tsunami melanda Aceh. Rakyat Aceh cepat bangkit untuk memulai hidup baru, mereka tidak mau berlama-lama dalam keadaan duka dan sedih. Begitu juga dengan pemerintah Aceh yang berperan penting dalam pembangunan daerah Serambi Mekkah tersebut.

Efek dari Tsunami banyak meninggalkan beberapa kenangan yang tidak dapat dipindahkan lagi, oleh karena itu pemerintah berinisiatif untuk menjadikannya sebagai tempat wisata yang lanyak untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata yang berkaitan dengan Tsunami adalah Musium Tsunami dan PLTD Apung Banda Aceh. Selain itu banyak lagi tempat wisata yang wajib anda kunjungi jika anda ingin mampir untuk ke Aceh. Rakyat Aceh yang sangat ramah dengan tamu menjadikan salah satu faktor yang patut anda pertimbangkan.

Pemerintah Aceh melalui program Visit Aceh, berupaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke provinsi Aceh. Program Visit Aceh telah mulai berjalan dan pemerintah Aceh telah membenahi beberapa tempat wisatawan agar menjadi layak dan menarik untuk di kunjungi. Visit Aceh bukan saja menyediakan tempat wisata yang seperti biasanya tapi juga ada tempat wisata Riligi (keagamaan), seperti Mesjid Raya Baiturrahman dan juga pesantren Darul ulum Abu Lueng Ie dengan ulama karismatiknya yaitu Abu H. Usman Fauzi.

Berikut ini adalah tempat tempat wisata yang patut anda kunjugi di Aceh :

1. Museum Tsunami Aceh

Tempat wisata pertama yang patut anda kunjungi adalah Museum Tsunami Aceh, yang berada di Banda Aceh merupakan salah satu daripada museum yang berada di Indonesia, Museum yang dirancang sebagai monumen simbolis untuk mengenang musibah gempa bumi dan tsunami Samudra pada tahun 2004 juga dijadikan sebagai pusat pendidikan dan tempat perlindungan darurat andai tsunami terjadi lagi.

Museum Tsunami Aceh didesiain dan dirancang oleh arsitek asli Indonesia yaitu Ridwan Kamil yang saat ini menjabat sebagai geubenur Jabar. Museum Tsunami memiliki desain empat lantai dan memiliki luas 2.500 m²  dengan dinding lengkungnya hiasi oleh relief geometris. Dalam Museum anda akan masuk melalui lorong sempit serta gelap yang diapit oleh dua dinding air yang tinggi yang berfungsi untuk menciptakan kembali suasana dan kepanikan saat tsunami Aceh terjadi. Dindingnya juga dihiasi dengan gambar orang-orang yang sedang menari Saman, yang bermakna akan kekuatan, disiplin, dan kepercayaan religius suku Aceh.

2.Masjid Raya Baiturrahman

Mesjid nan megah yang berada terletak dijantung ibu kota banda Aceh ini merupakan masjid Kesultanan Aceh yang didirikan oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada abad ke 16 M tahun 1022 H. Bangunan mesjid Baiturrahman yang inda nan megah tampak seperit  Taj Mahal makin menjadikannya istimewa.

Banyak wisatawan dari berbagai daerah dan mancanegara mampir di tempat wisata yang paling terkenal juga populer di Aceh ini. Keberadaannya di jantung kota Banda Aceh menjadikannya makin mudah di akses oleh para wisatawan. Para photografer pun banyak berada di lingkungan mesejid Baiturrahman jadi jika anda tidak membawa kamera anda dapat meminta jasa photografer tersebut.

3. Pulau Weh (atau We)

Merupakan pulau yang sangat indah terutama bagi anda pencinta alam dan juga treveling maka pulau ini sangat cocok untuk anda karena pulau vulkanik imut ini berada di barat laut Pulau Sumatra. Menurut sejarahnya pulau Weh ini pernah menyatu dengan Pulau Sumatra saat ini, tapi dipisahkan oleh laut setelah meledaknya gunung berapi pada zaman dahulu.

Pulau kecil ini terkenal dan populer karena ke aneka ragaman ekosistemnya. Negara Indonesia sudah  menetapkan wilayah sebagai wilayah suaka alam. Salah satu hewan laut yang sangat jarang adalah Hiu bermulut besar, namun ikan ini bisa ditemukan di pantai pulau ini. Bahkan pulau istimewa na indah ini merupakan satu-satunya habitat katak yang statusnya terancam dengan jenis Bufo valhallae (genus Bufo) dan memiliki  Terumbu karang dengan berbagai warna yang ada di sekitar pulau sangat baik bagi anda yang suka snokling.

4. Pantai Ujong Blang

salah satu pantai yang sering menjadi tempat tujuan wisata Aceh adalah pantai yang ada di Kota Lhokseumawe. Pantai Ujong Blang merupakan pantai yang cukup terkenal.  Keberadaan dari Pantai Ujong Blang yang terhampar dari kuala cangkoi (muara sungai Cunda) yang meliputi empat arae  desa yaitu meliputi Desa Ujong Blang, Ulee Jalan, Hagu Barat Laut, serta Desa Hagu Tengah.

Pantai  diberi nama pantai Ujong blang karena lokasinya berada di desa dengan nama tersebut. berdasarkan desa di mana pantai ini berada.  Tempat ini menjadi tempat wisata yang banyak dikujungi karena menawarikan  panorama alam yang betiu mempesona yaitu pemandangan matahari terbit atau disebut Sunrise. Pemandangan seperti ini tentunya akan menghilangkan rasa stress bagi anda dan juga memberikan nuansa lain tersendiri.

5. Pulau Seumadu (Seumadu Island ) 

adalah sebuah objek wisata  yang berada di Kecamatan Muara Satu yang memiliki ibu Kota Lhokseumawe. Seumadu Island merupakan  salah satu tempat  obyek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Keberadaan dari tempat wisata ini menjadi penarik perhatian para wisatawan karena keindahan dari panorama yang sangat indah.

Saat anda mencapai tujuan wisata ini anda akan disambut oleh hamparan pasir putih dan air laut yang biruyang akan memanjakan mata anda. Objek wisata ini tergolong kepada objek wisata yagn sangat lengkap karena mempunyai fasilitas yang cukup lengkap. Anda dapat menemukan rumah makan dan yang menyediakan  fasilitas karaoke bagi Andadan keluarga anda sambil menikmati bernyanyi bersama bahkan fasilitas hiburan lainnya yaitu perahu bebek yang bisa Anda sewa untuk berkeliling. Bagi anda yang memiliki hobi memancing tempat wisata ini merupakan pilihan yang tepat bagi anda.

6. Krueng Cunda

Tempat wisata Krueng Cunda merupakan aliran laut yang membuat terpisahnya daratan Lhokseumawe dengan daratan pulau Sumatera. Krueng Cunda memiliki arti “Krueng” artinya sungai serta “Cunda” merupakan nama dari wilayah yang dialiri oleh sungai tersebut. Namun, Sebenarnya Krueng Cunda itu sendiri adalah selat, bukan sungai.

Kenapa anda harus mampir ke objek wisata ini? ketika anda mampir untuk mengunjungi tempat ini maka anda akan disungguhkan pemandangan yang sangat menarik. Anda akan melihat pemandangan yang mungkin tidak ada di tempat lain seperti yaitu tempat budidaya ikan air asin yang dikelola oleh penduduk sekitar, airnya cukup bersih dan tenang tidak ada ombak atau riak besar yang bisa merusak keramba. Keramba atau penampungan ikan milik penduduk  ini  rata – rata terbuat dari kayu dan bambu.

7.  Pulau Pusong

Merupakan suatu pulau kecil, pulau ini merupakan pulau yang memiliki  hamparan karang-karang yang indah. Keberadaan dari karang-karang ini akan memanjakan mata anda saat berjalan-jalan , namun,  daratannya termasuk tanah yang gersang.  Yang menabjubkan dari pemandangan pulau ini adalah luas hamparan karang yang dimilikinya malah dua kali lebih besar dari keberadaan luas pulau itu sendiri.  Keindahan lainnya yang dapat anda temukan saat jalan-jalan di pulau ini, maka pemandangan indah lainnya yang bisa anda lihat adalah ketika air laut sedang surut, tinggi airnya juga hanya jadi sebatas lutut.

Panorama ke indahan yang ditawarkan oleh pulau ini saat anda mengunjungi objek wisata dan saat jalan-jalan maka anda akan merasakan segarnya udara laut serta dapat memandang laut lepas yang terhampar luas sepanjang mata anda memandang bahkan anda dapat memandang bukit-bukit yang merupakan bagian dari bukit barisan.

Tempat Wisata Terbaik Di Aceh Yang Banyak Di Kunjungi Wisatawan | Lucy | 4.5

Berita Lainnya