Rekening Koran Dan Contoh Rekening Koran

Share:

Rekening Koran Dan Contoh Rekening KoranSetiap suatu perusahaan dalam mengelola keuangannya akan selalu berhubungan dengan pihak bank sebagai tempat menyimpan hampir seluruh dana perusahaan. Setiap kegiatan perusahaan contohnya seperti transaksi penarikan dan penambahan dana tentunya dicatat oleh pihak bank. Dalam setiap pencatatan kedua pihak melakukan pengecekan dan pencatatan masing-masing. Contohnya pihak bank akan menerbitkan rekening koran yang berfungsi untuk melaporkan semua transaksi yang sudah dilakukan oleh perusahaan yang berkaitan dengan dana yang disimpan selama periode tertentu agar tidak terjadi selisih antara pencatatan dengan pihak bank.

Apa saja isi dalam rekening koran ?

Apa saja isi dari rekening koran atau apa yang dimuat dalam Rekening koran? Jawabannya sama dengan apa yang dimemuat dalam buku tabungan seperti tanggal dan sandi transaksi, transaksi mutasi debet, mutasi kredit, juga saldo. Lalu apa Beda Rekening koran dan buku tabungan?Untuk buku tabungan dibuka oleh nasabah (deposan) perorangan dan rekening koran digunakan oleh nasabah corporate (entitas).

Perbedaan lainnya antara pemegang buku tabungan dan rekening koran adalah rekening koran yang dipegang oleh perusahaan akan mendapatkan laporan mengenai transaksinya melalui kiriman langsung oleh pihak bank. Sedangkan Nasabah perorangan akan memperoleh laporan transaksi dengan mendatangi bank bersangkutan

Rekening koran memuat laporan mengenai rincian atas transaksi rekening giro, begitu juga seluruh penarikan kas semua harus dilakukan dengan memakai cek /bilyet giro. Berbeda dengan pencatatan buku tabungan yang melakukan penarikan kas bisa dilakukan seperti umumnya yaitu dengan menggunakan slip penarikan.

Rekening koran akan berisi sejumlah tulisan yang terlihat disana saldo awal bulan, mutasi debet, mutasi kredit, juga saldo akhir bulan dan biasanya berisi mengenai ringkasan transaksi.

Sistem akuntansi / pencatatan yang ada dalam buku tabungan dan rekening koran sama sama mewakili kepentingan bank. Ceklah beberapa hal berikut ini seperti setoran uang, kiriman uang masuk penagihan piutang wesel akan dicatat oleh bank bersangkutan di sebelah kredit, baik dalam buku tabungan juga rekening koran. Sehingga memberikan arti semua transaksi tercatat dengan benar di buku tabungan dan rekening koran.

Sebaliknya, bank akan menerbitkan nota debet (debit memorandum) untuk transaksi-transaksi yang sifatnya mengurangi kewajiban bank terhadap nasabahnya (mengurangi saldo nasabah), seperti penarikan uang, beban administrasi, pajak, dan cek yang dikembalikan karena tidak cukup dana. Pada waktu bank menerima setoran cek dari nasabahnya, maka bank akan menerbitkan nota kredit untuk nasabah yang bersangkutan, lalu apabila ternyata setoran cek tersebut tidak ada atau tidak cukup dananya, maka bank akan kembali menerbitkan nota debet atas nasabah bersangkutan untuk membatalkan nota kredit yang tadi.

Rekening koran adalah laporan yang diberikan Bank setiap bulan kepada pemegang rekening Giro yang berisikan informasi tentang transaksi yang dilakukan oleh bank terhadap rekening tersebut selama satu bulan dansaldo Kas di Bank. Laporan ini sering dijadikan tumbal oleh akuntan untuk melindung keterlambatan mereka dalam menyusun laporan keuangan dan kita tahu laporan rekening koran dapat diterima diatas tanggal 15 setiap bulannya.

Apapun alasannya laporan keuangan suatu perusahaan adalah berdasarkan catatan yang dilakukan oleh perusahaan. Dan adanya perbedaan antara catatan yang dilakukan perusahaan dengan yang dilaporkan bank adalah masalah lain.

Dari sudut pandangan Bank setiap rekening adalah “hutang” karena itu setiap tambahan atas suatu rekening dicatat disisi kredit. Menurut sudut pandang perusahaan pemegang rekening, rekening bank adalah aktiva dan setiap tambahan atas rekening bank oleh perusahaan dicatat di sisi debet dengan demikian jumlah sisi kredit yang dicatat oleh bank akan sama dengan jumlah sisi debet yang dicatat oleh pemegang giro. Pada rekening Kredit Modal Kerja adalah sebaliknya.

Rekonsiliasi Bank

Adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk menentukan hal-hal yang menimbulkan perbedaan Saldo yang tampak pada laporan perusahaan dengan laporan bank. Rekonsiliasi bank melakukan pembandingan setiap transaksi yang dicatat oleh perusahaan dengan transaksi yang dicatat oleh bank. Adalah sustu kekeliruan besar bisa perusahaan mencatat transaksi keuangan dari rekening korang yang dikeluarkan bank.

Rekening Koran Dan Contoh Rekening Koran | Lucy | 4.5

Berita Lainnya