Perang Yaman Sudah Tewaskan 1.080 Orang, 550 Rakyat Sipil

Perang Yaman Sudah Tewaskan 1.080 Orang, 550 Rakyat Sipil – Berita Militer – SANAA – PBB menyatakan, lebih dari 550 warga sipil, termasuk 115 anak-anak, telah tewas akibat perang di Yaman. Sedangkan total korban tewas dalam perang di Yaman itu sudah mencapai 1.080 orang.

Data PBB yang dilansir Jumat malam itu, menyebut 1.185 orang terluka, terkena dampak gempuran pesawat-pesawat tempur Koalisi Teluk yang dipimpin Arab Saudi.

Data itu disampaikan Rupert Colville, juru bicara Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, seperti dilansir Al Arabiya, Sabtu (25/4/2015). Menurutnya, data korban tewas dari kalangan rakyat sipil itu merupakan data sejak konflik pada 26 Maret hingga 22 April 2015.

Sementara itu, juru bicara operasi militer Koalisi Teluk, Brigadir Jenderal Ahmed Asseri, kembali menuding milisi Houthi sengaja bersembunyi di daerah pemukiman sipil. Menurutnya, kelompok pemberontak Yaman itu sengaja menjadikan warga yang tidak bersalah sebagai tameng.

Sedangkan Amnesty International dalam laporan terbarunya menyoroti dampak serangan udara yang terjadi di Sanaa dan empat kota lainnya di Yaman. “Hal itu meningkatkan kekhawatiran tentang kepatuhan terhadap hukum internasional,” bunyi pernyataan Amnesty.

“Serangan udara yang dimulai 26 Maret telah mengubah banyak wilayah di Yaman menjadi tempat yang berbahaya bagi warga sipil,” lanjut laporan Amnesty. ”Jutaan orang telah dipaksa untuk hidup dalam keadaan teror, takut dibunuh di rumah mereka sendiri.”sindonews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *