Militer Afghanistan Menerima Empat Pesawat A-29 super Tucano

Militer Afghanistan Menerima Empat Pesawat A-29 super Tucano

Militer Afghanistan Menerima Empat Pesawat A-29 super Tucano –  Berita Militer Militer Afghanistan menerima empat pesawat serang ringan A-29 super Tucano dari Amerika Serikat, seperti yang diungkapkan oleh juru bicara Kementerian Pertahanan negara itu, Jumat. “Pesawat turboprop dapat menembakkan roket dipandu,” kata Dawlat Waziri lembaga Pajhwok Afghanistan News. “Jet akan membantu meningkatkan kemampuan dari Angkatan Udara Afghanistan,” tambahnya.

Empat pesawat Tucano  untuk Afghanistan akan datang akhir tahun 2016.  Departemen Pertahanan Afghanistan membeli Super Tucanos dengan kontrak senilai $ 427.000.000 dengan Sierra Nevada Corp dan Embraer, dengan pesawat diproduksi oleh pabrikan Embraer di Jacksonville, Florida. Pelatihan untuk pilot tersebut dilakukan oleh Angkatan Udara AS ke-81 Fighter Squadron di Moody Air Force Base, Georgia.

pesawat super Tucano A-29, diproduksi oleh Embraer perusahaan kedirgantaraan Brasil  mampu melaksanakan pelatihan lanjutan, pengawasan perbatasan dan misi keamanan internal.

Pada akhir Desember 2015, India menyerahkan Mi-25 dari empat helikopter serang pertama yang direncanakan  untuk pemerintah Afghanistan sebagai bagian dari bantuan negara tersebut untuk tentara negara itu juga.

Pesawat serang ringan EMB-314 (Super Tucano) Adalah jenis pesawat ringan dan pesawat latih dengan menggunkaan mesin turboprop dengan  sayap rendah (low wing) dengan kemampuan khusus COIN (Counter Insurgency)  juga dikenal sebagai pesawat serang antigerilya yang diproduksi oleh Embraer Defense System, negara Brasil.

Pesawat serang ringan EMB-314 Super Tucano juga merupakan pengembangan dari pesawat sebelumnya yaitu pesawat EMB-312 Tucano. Pesawat ini telah terjual 650 unit dan digunakan oleh 15 negara dan Brasil merupakan pengguna utama dengna jumlah pesawat 130 unit. Pengembangan atau peningkatan dari versi sebelumnya yaitu peningkatan pada sistem sistem avionik, sistem persenjataan serta sistem komunikasi data. setelah diperkenalkan juga digunakan oleh AU Brasil pada tahun 2004, pesawat serang ringan EMB-314 ini menunjukan kemampuannya dan terbukti berhasil melakukan misi penjagaan perbatasan di kawasan Amazon yang sangat terkenal  rawan dengan aktivitas penyelundupan serta perdagangan narkotika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *