Menteri Perdagangan : Ekspor RI Akan Naik Tiga Kali Lipat

Share:

Menteri Perdagangan : Ekspor RI Akan Naik Tiga Kali LipatBerita Terbaru Hari Ini – Rahmat Gobel Sebagai Menteri Perdagangan yang masuk dalam Kabinet bentukan Presiden Jokowi memiliki  dua agenda penting dalam lima tahun kedepan. Yang perrtama akan dilakukan oleh Rahmat adalah menekan impor utamanya yaitu impor di sektor pangan dan sektor industri.  Dan yang kedua adalah meningkatkan ekspor komoditas andalan.

Menteri Perdagangan Rahmat Gobel  yang ditemui Senin (27/10/2014) setelah dilakukannya serah terima jabatan dengan Muhamad Lutfi, kepada kru wartawan Rahmat memaparkan dalam lima tahun ke depan dalam masa jabatannya sebagai Kementerian Perdagangan menargetkan nilai ekspor belipat 3 kali lipat dibanding target nilai ekspor sepanjang tahun ini.

Perlu diketahui bahwa target nilai ekspor setahun ini sudah mengalami koreksi tiga persen menjadi 184.3 miliar dollar AS. Beliau ingin, nilai ekspor selama 5 tahun ke depan dalam masa jabatannya menjadi 921,5 miliar dollar AS.

“Saya bikin bagaimana dalam 5 tahun ekspor naik tiga 3 lipat dari sekarang,” katanya.

Untuk mewujudkan keinginannya tersebut, Rahmat menyampaikan akan memantau terlebih dahulu semua sektor yang bisa dijadikan andalan.

Lebih lanjut dia juga menyampaikan, akan melaksanakan banyak koordinasi dengan Kementerian Perindustrian, Pertanian, serata Koperasi dan UKM. Rahmat yang merupakan seorang pengusaha menuturkan, butuh adanya diversifikasi produk. Untuk sektor pangan perlu adanya pembangunan industri pangan.

“Kita harus mengembangkan industri pangan, harus mengembangkan teknologi paska panen, tapi jangan bicara insentif dulu. Kita pelajari dulu apakah perlu atau tidak,” lanjut Rahmat.

Selama ini, komoditas bahan mentahlah yang menjadi ekspor andalan RI , seperti minyak kelapa sawit dan karet. Rahmat menegaskan, pembangunan industri di subsektor pertanian tersebut wajib dilakukan.

Advertisement
Menteri Perdagangan : Ekspor RI Akan Naik Tiga Kali Lipat | Lucy | 4.5

Berita Lainnya