DARPA : Kembangkan Pesawat Militer Ruang Angkasa Tercanggih

DARPA : Kembangkan Pesawat Militer Ruang Angkasa Tercanggih

DARPA : Kembangkan Pesawat Militer Ruang Angkasa Tercanggih – Boeing, Northrop Grumman dan Masten Space Systems telah memenangkan dana tambahan dari AS Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), untuk terus mengembangkan konsep pesawat Ruang angkasa XS-1 mereka untuk militer Amerika Serikat di bawah program tahap kedua (Phase 1B).

Dana fase saat ini untuk pengembangan konsep demonstrasi XS-1, mengiidentifikasi teknologi komponen inti, mitigasi risiko, mengembangkan Rencana Pematangan Teknologi (TMP), dan melakukan beberapa tugas demonstrasi Seperti yang di sampaikan oleh DARPA. Penyelesaian Tahap 1B diharapkan pada bulan Agustus 2016. Ketiga perusahaan telah menerima uang pada musim panas 2014 untuk awal “Tahap 1”  untuk desain. Pesawat Pertama XS-1 misi orbital bisa berlangsung pada awal 2018, kata DARPA.

Tujuan dari Program Eksperimental spaceplane XS-1 adalah untuk menunjukkan teknologi yang relevan. The-XS 1 mampu menerbangkan pesawat ruang angkasa 3.000 pon ke orbit Bumi dengan biaya tidak lebih dari $ 5M, atau sekitar sepersepuluh biaya sistem peluncuran hari ini.

Percobaan akan menunjukkan operabilitas XS-1, efisiensi biaya dan kehandalan, kata para pejabat lembaga itu. pesawat XS-1 kemungkinan akan menunjukan tahap pertama dapat digunakan kembali dan satu atau lebih dibuang tahap atas. Tahap pertama akan terbang ke ruang suborbital dan kemudian kembali ke Bumi, sedangkan tahap atas akan menyebarkan muatan pesawat ruang angkasa. Pelepasan dengan cara ini akan menghemat biaya dari peluncuran pesawat ruang angkasa. Biasanya peluncuran tahap awal akan membuang alat peluncurnya dan menerbangkannya di atsmorfir kemudian hancur tidak bisa digunakan lagi. Sehingga dengan adanya pesawat XS-1 ini memberikan penghematan yang luar biasa karena pesawat dapat digunakan kembali setelah peluncuran.

Ketiga perusahaan telah bekerja sama dengan perusahaan swasta yang sudah mencari kendaraan ruang angkasa penerbangan komersial. perusahaan Boeing bekerja sama dengan Blue Origin; Northrop Grumman bermitra dengan Virgin Galactic dan Masten bekerjasama dengan XCOR Aerospace.

Boeing sudah memiliki pengalaman membangun pesawat robot ruang angkasa untuk militer AS. Perusahaan telah menciptakan dua pesawat ruang angkasa X-37B untuk Angkatan Udara, yang telah diluncurkan pada empat misi selama lima tahun terakhir. Selain itu, DARPA sedang menjajaki konsep lain untuk meluncurkan satelit kecil ke orbit dari F-15 – di bawah Airborne Launch Assist Ruang Access (Alasa). Yang pertama di-udara uji Alasa bisa terjadi akhir tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *