Cikal Bakal "Susi Air" Sampai Jadi Menteri

Share:

Cikal Bakal “Susi Air”  Sampai Jadi Menteri Berita Terbaru Teknologi Militer Indonesia – Sejarah dimulainya Susi Air, perusahaan penerbangan yang dimiliki oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, sudah dikenal level internasional tapi bukan dari pelanyanan maskapai penerbangannya namun lebih dari duka bencana tsunami Aceh pada 2004.  Susi Pudjiastuti pada saat tsunami langsung turun tangan membantu para korban musibah tersebut. pesawat yang digunakan untuk menolong masyarakat Aceh yang dilanda musibah tsunami oleh Susi Pudjiastuti sebenarnya akan melakukan ekspor perdanannya ke luar negeri namun tertunda dengan adanya musibat tsunami dan dia lebih memilih membantu rakyat Aceh.

Seperti yang dikatakan oleh Fuad, adik kandung Susi Pudjiastuti “Jadi pesawat pertama milik pribadi Susi dulu untuk alat transportasi udara ekspor hasil laut. Pesawat itu saat akan perdana melakukan ekspor ke luar negeri, tapi enggak jadi karena dipakai membawa bantuan untuk korban bencana di Aceh,”   saat ditemui di Pangandaran.

Yang lebih mengagumkan adalah Pesawat pribadi milik Susi Pudjiastuti, ujar Fuad, merupakan pesawat pertama yang bisa mendarat di daratan Aceh pada saat itu setelah tsunami. “Pesawat Amerika saat itu tidak bisa (mendarat pertama), malah kecelakaan ketika landing. Mulailah dikenal Susi saat itu dengan maskapainya sampai sekarang,” lanjut dia.

Bermula dari layanan sosial di Aceh yang diberikan Susi Pudjiastuti kepada masyarakat Aceh dalam penanganan pasca-tsunami, yang kemudian diperpanjang karena permintaan banyak kalangan, menurut Fuad, Timbulah ide untuk menciptakan maskapai penerbangan jarak pendek di Indonesia.

Fuad melanjutkan bahwa target utama pada saat maskapai itu berdiri adalah wilayah yang susah untuk dilintasi bila ditempuh lewat jalur darat, seperti di wilayah timur Indonesia. “Mulailah kakak saya menjalankan usahanya dibidang maskapai penerbangan sampai sekarang,” kata dia.

Sampai saat ini, maskapai ini telah melayani seluruh kawasan di Indonesia. “Setelah dikenal oleh internasional,  para pilot dan copilot asing pun mulai berdatangan untuk bekerja di sini,” lanjut cerita Fuad.

Susi Pudjiastuti yang merupakan Menteri pilihan dalam kabinet Jokowi dan Jusuf Kalla. Walaupun sekarang dia adalah menteri yang menjabat di Indonesia dia juga punya usaha besar di bidang perikanan dan penerbangan, Susi Pudjiastuti hanya memiliki ijazah SMP sebagai Menteri. Selain itu, dia juga bergaya bicara ceplas-ceplos, merokok, dan bertato.

Itu semua tidak menghalangi dia (Susi Pudjiastuti) dalam melaksanakan tugas karena tak sedikit pula orang yang menghormati dan angkat topi dengan capaian Susi sejauh ini. Kecerdasan dan ketangguhannya telah dibuktikan dengan capaian perusahaannya, baik di bidang perikanan maupun maskapai penerbangan itu. Susi Air, misalnya, setiap tahun bisa terus menambah pesawat baru dan sekarang armada maskapai susi air diperkuat tak kurang dari 80 pesawat.

Cikal Bakal "Susi Air" Sampai Jadi Menteri | Lucy | 4.5

Berita Lainnya