Cara Terbaik Mendidik Anak Dengan Baik Agar Pintar

Share:

Cara Terbaik Mendidik Anak Dengan Baik Agar Pintar Sebagian orang tua banyak yang belum tahu bahkan tidak mengerti kalau usia anak balita merupakan usia emas guna menentukan masa depan mereka. Di usia emas ini anak akan banyak mempelajari, mengingat dan merasakan apa yang belum diketahuinya. Anak yang masih balita memiki rasa ingin tahu yang luar biasa. Anak aktif atau kadang banyak orang menyebut anak hiperaktif adalah anak nakal dan rewel. Anda sebaikanya tidak langsung mengambil kesimpulan tersebut karena anak yang aktif dan anak rewel itu adalah anak yang pintar. Rasa ingin tahu nya seperti memegang dan merasakan dengan memakan sesuatu yang aneh merupakan tahapan belajar alami sang anak.

Anak balita “bayi” yang banyak bergerak dan berlari kesana-kemari sering membuat orang tua menjadi kesal. Sebenarnya anak tersebut merupakan sedang mengalami pertembuhan yang wajar dan kita tidak perlu khawatir tapi kita harus tau bagaimana cara mendidik anak.

Berbagai cara untuk mendidik anak telah di ulas oleh banyak orang, menangani anak yang aktif diusia balita sangat membutuhkan kesabaran. Berbagai metode dapat digunakan untuk mendidik anak aktif menjadi anak cerdas dan pintar. Proses pertumbuhan pada usia balita dapat menjadikan anak memiliki daya ingat dan kepintaran. Namun, kejadian sebaliknya dapat terjadi apabila anda tidak benar-benar memperhatikan cara mendidik anak.

Metode untuk mendidik dan melatih otak anak agar menjadi pintar dan cerdas selalu diperhatikan oleh orang tua yang peduli dengan buah hatinya. Menemukan bakat anak dan ke ahlian anak dapat dilakukan pada usia balita jika orang tua selalu focus untuk memantau perkembangan anak pada usia dini. Anak yang cerdas dan kreatif selalu didambakan oleh setiap orang tua.

Tahap-tahap perkembangan otak anak

Untuk mendapatkan anak yang cerdas dan pintar pada usia balita, orang tua juga harus mengetahui tahap-tahap perkembangan pertembuhan otak anak. Cara mengetahui anak perkembangan pertumbuhan otak anak dapat kita ketahui dalam berbagai tahapan sebagai berikut ini

  • Perkembangan motoric anak mulai usia anak dari kehamilan pertama sampai dengan usia 5 tahun
  • Perkembangan emosional mulai usia anak dari lahir hingga 2 tahun, pada usia ini anak paling sensitif antara 10-18 bulan.
  • Perkembangan Pengelihatan anak mulai usia anak dari sejak lahir sampai 2 tahun (terutama perkembangan penglihatan antara 2-4 bulan dan 8 bulan.
  • Perkembangan Kosa kata anak mulai usia anak dari lahir sampai 3 tahun, terutama pertembuhannya antara 6-12 bulan)
  • Perkembangan Bahasa kedua anak mulai usia anak dari 6-10 bulan
  • Perkembangan Logika / matematika anak mulai usia anak dari lahir hingga 4 tahun
  • Perkembangan Musik anak mulai usia anak dari lahir hingga 10 tahun

Dengan mengetahui cara dan masa-masa perkembangan otak anak kita, maka kita bisa memberikan pengaruh dan masukan positif pada setiap tahap perkembangan tersebut agar anak tumbuh menjadi lebih cerdas. Anak yang cerdas sebaiknya diajak terus untuk bicara dengan demikian anak dapat mengetahui banyak kosa kata dan memiliki kemampuan bahasa terutama pada usia 6-12 bulan.

Cara mendidik anak usia 1 tahun agar cerdas dapat kita ketahui dari proses perkebangan otak anak dan kosa kata anak. Dengan usia balita tersebut yang perlu diperhatikan adalah perkembangan monitoric.

cara mendidik anak usia 2 tahun agar cerdas yang perlu diperhatikan adalah perkembangan otak anak seperti perkembangan emosional dan menitoriknya

Cara mendidik anak pada usia dini agar sang anak memiliki otak yang cerdas dan pintar dapat dilakukan cara-cara berikut.

  1. Aktif Mengajak Anak Bicara.

Mengajak anak berbicara dengan aktif dapat menjadikan anak memiliki kosa kata yang lebih banyak dan dapat mengerti apa yang kita bicara secara cepat. Anda juga dapat menceritakan kisah-kisah Islami, atau cerita agama anda. Cara mendidik anak secara Islami juga dapat dengan mengajaknya mengaji membaca Al-quran. Sehingga anak juga mengetahui lebih awal kosa kata bahasa arab.

2. Pilih buku Bacaan dan gambar menarik yang jelas.

Dengan buku yang menarik maka anak anda akan terdorong untuk membaca dan mengetahui hal baru dari gambar dan hurus yang tertera di buku yang anda belikan. Anak akan belajar pelan-pelan tapi pasti untuk dapat memahami buku tersebut.

3. Belilah kaset/VCD/DVD dalam bahasa asing.

Terkadang penyampain pesan dan belajar menggunakan visual gambar akan sangat lebih mudah dipahami oleh anak. Video visual merupakan media belajar yang lebih baik dan mudah dipahami anak karena gambar bergerak dan tampilan warna di video dapat merangsang otak anak. Menggunakan video dengan bahasa asing juga dapat merangsang tubuh kembang otak anak dengan baik

4. Beli software komputer untuk anak balita.

Saat ini merupakan abad 21 dimana setiap orang belajar dengan cepat dengan menggunakan computer. Anak juga dapat diajarkan menggunakan computer dengan menggunakan aplikasi dan software bermain yang telah banyak dijual, sehingga dapat melatih dan mengajarkannya bermain menggunkan computer dengan cepat.

5. Asi eksklusif membantu mencerdaskan anak

Banyak penelitian yang menunjukan bahwa anak yang semasa bayi diberikan susu asi eksklusif dengan baik maka akan memiliki kekebalan tubuh dan tingkat kecerdasan yang lebih baik.

6. Pentingnya komunikasi saat mendidik anak

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa menceritakan Anak dengan berbagai kisah akan menambahkan kosa kata dan meningkatkan kecerdasannya karena anak tersebut akan lebih cepat memahami apa yang kita utarakan.

7. Pujian menumbuhkan percaya diri

Perkembangan sel otak anak sangat mudah terangsang, pada usia balita anak-anak sebaiknya dipuji kepada setiap tindakannya. Anak dalam usia balita cendrung aktif dan sering berbuat salah menurut orang dewasa tapi menurut mereka itu mungkin sebuah permainan. Oleh karena sebaiknya jangan memaki dan membantak anak, karena setiap makian akan mematikan 10.000 sel otak anak yang sedang berkembang. Alangkah baiknya anda memujinya dengan demikian dia akan semakin percaya diri

8. Dampingi anak saat bermain

Anak suka bermain, maka temanin ia bermain selain kita dapat memberikan perhatian kepadanya kita juga dapat mengawasi apa yang dimainkannya. Anak sangat senang jika diperhatikan sehingga mereka makin aktif dan menunjukan bakat mereka.

9. Temani anak saat menonton TV

Menemani anak menonton TV, merupakan kegiatan yang sangat mengasyikan, anda dapat mengajarkannya untuk memahami film yang dia tonton. Anak akan terbimbing untuk menonton hal yang baik dan menghindarkannya dari tontonan yang tidak baik.

10. Bernyanyi membantu kecerdasan anak

Anak-anak sangat senang bernyanyi, bernyanyi dapat merangsang tubuh kembang otak anak. Perkembangan otak anak sangat cepat berkembang, bernyanyi membuatnya senang dan belajar sambil menyanyi lebih baik lagi jika dilakukan bersamaaan.

Cara Mendidik Anak Menurut Islam

cara mendidik anak usia 1 sampai 2 tahun menurut islam yaitu dengan metode yang diajarkan oleh rasul yaitu dengan mendekatkan anak kepada sang Penciptanya. Dengan mengajarkan pemahaman Islam dengan perlahan. Anak diajarkan pengetahuan tentang tauhid dan juga mengajarkannya dengan mempergunakan alat rekaman guna mendengarkan nasehat, kaset Al-Qur’an, berbagai khutbah, pelajaran yang disampaikan oleh para ulama’ dimana hal banyak sekali.

Pendidikan anak diusia balita, dari usia 1 dan 2 tahun merupakan sebuah tahapan penting dalam proses mendidik anak dalam Islam. Karena diusia balita Anak lebih mudah memahaminya karena otaknya dapat merekam dengan cepat apa yang kita ajarkan jika diajarkan dengan benar dengan penuh kasih sayang.

Advertisement
Cara Terbaik Mendidik Anak Dengan Baik Agar Pintar | Lucy | 4.5

Berita Lainnya