Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Ampuh

Share:

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Ampuh Kesehatan – Rambut Rontok banyak dialami oleh wanita dan tidak sediki pria juga mengalami kerontokan rambut. Masalah kerontokan Rambut ternyata dapat diatasi secara alami. Metode mengatasi rambut rontok dengan cara tradisional dengna menggunakan bahan alami saat ini tengah trend bahkan banyak dicoba oleh banyak orang. Meskipun demikian saat ini sudah banyak produsen kosmetik atau perawatan rambut yang menawarkan jasa dan produknya yang diklaim mampu untuk mengatasi rambut rontok sederhana dan rontok parah. Produk dan jasa perawatan rambut rontok terkadang tidak bisa mengatasi masalah rambut rontok yang diderita oleh wanita dan pria. Kebanyakan mereka akhirnya memutuskan kembali kepada produk tradisional yang menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi masalah yang mereka  hadapi. Cara Tradisional yang menggunakan bahan alami dinyakini lebih efektif dan yang paling penting tidak menyebabkan efek samping pada kesehatan rambut.

Baca Juga : Cara menghilangkan Bau Badan

Rambut rontok sebenarnya wajar dan normal kita alami biasanya rambut rontok itu dapat terjadi dalam jumlah  40-120 helai dalam waktu tertentu, tapi anda tidak perlu khawatir karena jumlah rambut kita dapat mencapai 100 ribu helai. Yang jadi masalah adalah ketika rambut rontok itu telah melebihi normalnya, makanya kita harus menemukan cara efektif mengatasi rambut rontok.

Kami nyakin anda akan setuju dengan ungkan bahwa bagi wanita rambut merupakan sebuah mahkota. Keindahan dari mahkota itu harus tetap dijaga keindahannya, walaun anda seorang muslimah yang menggunakan hijab. Banyak juga loh muslimah yang menggunakan hijab atau kerudung mengalami rambur rontok parah. Rambut seorang muslimah yang menggunakan hijab atau kerudung memang tidak terlihat oleh banyak orang, tapi banyangkan jika rambut rontok itu terjadi di kamar ketika anda berhiasa, tentunya anda akan  panik.

Baca Juga : Cara Cepat Memutihkan gigi

Permasalahan rambut rontok bukan saja jadi masalah bagi wanita pada umumnya, pada wanita yang mengunakan hijab dan kerudung juga ikut terjadi hal yang sama. Baik yang berhijab atau tidak berjilbab kita harus menjaga mahkota kita dengan cara mencegah rambut tidak rontok. Bagaimana Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami?

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Baik anda yang menggunkan Hijab (Jilbab dan kerudung) dan wanita lain pada umumnya akan mencari cara untuk mengatasi rambut rontok, apakah dengan menggunakan produk pencegah rambut rontok, atau dengan berkonsultasi dengan dokter sehingga mendapatkan perawatan khusus untuk mencegah dan memulihkan rambut atau bahkan kembali menggunakan cara alami dengan bahan-bahan tradisional. Semua itu tergantung kepada pilihan anda untuk mengatasi masalah anda.

Kami lebih merekomendasikan bahan-bahan alami untuk hal ini agar terhindar dari efek negatif. Penyebab dari rambut rontok itu macam-macam diatarannya karena rambut sangat panas dan kurang perawatan atau karena usia yang telah lanjut. Tapi tidak menutup kemungkinan anda yang muda juga mengalami rambut rontok karena kekurang vitamin, hal ini dapat dialami oleh mereka yang memakai hijab (jilbaba atau kerudung) dan wanita pada umumnya. Faktor-faktor yang menyebabkan rambut rontok itu bermacam-macam dan cara mengatasi nya juga bermacam-macam, berikut ini kami telah merangkum Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Ampuh dari berbagai sumber dengan cara alami yang menggunakan bahan-bahan tradisional.

Penyebab Rambut Rontonk

Sebelumnya kita akan membahas penyebab-penyebab rambut rontok yang sering dialami oleh banyak orang. Mungkin hal ini juga ikut anda alami, maka patut untuk diperhatikan agar dapat membantu anda menghindari rambut rontok fatal.

  1. Makanan

Hampir kebanyakan  dari kita menyukai makanan dengan selera panas dan ekstra pedas. Sebenarnya jenis makanan yang sangat panas dan pedas itu tidak baik untuk kita karena dapat memicu rambut menjadi rontok. Hal ini disebabkan oleh panas dan pedas yang mengeluarkan keringat yang bercucuran dari kepala menjadikan rambut lepek yang menyebabkan kerontokan pada rambut.

2. Stress

Memiliki masalah dan pekerjaan yang sangat sibuk sering menjadikan seseorang menjadi stress. Stress dapat mengakibatkan pikiran kita terganggu dan mengeluarkan engergi pikiran yang banyak untuk memikirkan satu masalah. Beban pikiran yang berlebih itu menjadikan kepala kita tidak stabil, kebanyakan orang stress dan pikiran biasa mengalami kerontokan rambur parah. Anda akan sangat mudah menemukan orang yang rambutnya rontok di lingkungan kerja atau ditempat lainnya karena memiikirkan sesuatu dengan ekstra bahkan anda dapat menemukan orang botak dikantor anda bekerja. Hindari stres dengan melihat yang hijau atau menghirup aroma terapi.

3. Pengobatan

Proses pengobatan yang harus dilakukan karena penyakit yang diderita seseorang biasaya sering menjadi penyebab rambut rontok parah bahkan menjadi botak. Salah satu pasien yang sering mengalami rambut rontok dan botak adalah mereka yang menderita kangker.

4. Penggunaan Alat Rambut

Berbagai alat bantu untuk merapikan dan mempercantik rambut seperti Hairdryer, mengecat atau mewarnai rambut, dan bahkan penggunaan ikat rambut menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Jika penggunaan beberapa alat kecantikan atau rias ini tidak berlebihan maka mungkin kerontokan yang terjadi dapat diminimkan tapi jika penggunaan nya yang berlebihan kerontokan rambut dalam jumlah besar tidak dapat dihindari. Maka bijaklah dan sayangi rambut anda saat berhias untuk mempercantik diri.

5. Obat-Obatan

Obat-obatan yang sering kita temukan di apotik dan tempat lainnya biasanya memiliki kandungan bahan kimia, dan bahan-bahan lain yang memiliki fungsi untuk mengobati penyakit yang kita derita saat itu. Kebanyakan dari obat tersebut memiliki efek samping baik jangka pendek maupun jangka panjang. Salah satu efek samping yang sering terjadi adalah kerontokan rambut jika menggunakannya secara terus menerus terlebih jika tidak dengan resep dokter. Saat ini telah banyak obat herbal untuk mengatasi sakit yang tidak menggunakan bahan kimia, begitu juga obat herbal untuk mengatasi rambut rontok.

6. Hamil

Kehamilan itu merupakan rahmat dan rezeki yang luar biasa yang dianugrahkan tuhan  untuk kita. Tapi beberapa wanita hamil memiliki masalah setelah kehamilannya yaitu mengalami rontok rambut yang berlebihan. Hal ini dialami oleh istri saya, sampai saat ini setelah anak pertama rambutnya sangat banyak rontok setiap membersihkan kamar dihampir setiap sudut ruang ditemukan rambut.

7. Keturunan

Penyebab lainnya rambur rontok adalah karena faktor keturunan dimana orang tua anda memang mengalami  Masalah kerontokan rambut. Untuk yang satu ini sangat sulit untuk diobat bahkan ada yang mengatakan bahwa yang keturunan tidak dapat diobati. Tapi yakinlah semua penyakit ada obatnya kecuali kematian.

Informasi Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Ampuh

Proses pertembuhan rambut yang dialami manusia itu ada 3 fase masing-masing tahap ada masanya 1. fase pertumbuhan, 2. fase istirahat, dan 3. fase kerontokan.  Ketika rambut mengalami kerontokan maka ia akan kembali lagi ke fase pertama jika kulit kepada dan rambut tidak memiliki masalah serius. Biasanya setelah fase kerontokan  rambut akan kembali tumbuh.

Cara efektif untuk membantu agar rambut kembali tumbuh adalah dengan menggunakan metode alami dan tradisional untuk mengatasi rambut rontok yang merupakan solusi terbaik. Untuk bahan-bahan alami membantu pertumbuhan rambut sangat mudah kita temukan di sekitar kita bahkan anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk yang satu ini. Cara mengatasi rambut rontok dengan biaya murah akan kami sajika namun, ini bukanlah murahan. Untuk mendapatkan hasil maksimal itu tergantung dari usaha anda kami nya dapat membantu menyediakan informasi. Silahkan disimak cara untuk mengatasi masalah rambut rontok dibawah ini :

1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu dari bahan-bahan alami yang akan kita manfaatkan untuk mengatasi masalah rambut rontok. Biasanya Bawang Putih digunakan sebagai salah satu rempah bumbu masakan. Ternyata sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit, salah satu khasiat dari bawang putih adalah untuk masalah yang kita bahas ini. Cara memanfaatkan bawang putih untuk dijadikan obat mengatasi rontok rambut yaitu bawang putih dihaluskan dengan blender selanjutnya oleskan bawang putih halus pada bagian rambut yang rontok sebelum tidur. Untuk keesokan harinya bilas rambut dan dapat anda bilas menggunakan shampoo penumbuh rambut agar lebih terasa efeknya.

2. Jahe

Jahe juga merupakan salah satu jenis rempah dan tumbuhan yang sering dijadikan sebagai obat. Jahe dapat dimamfaatkan untuk mengatasi masuk angin dan juga memiliki khasiat untuk mengatasi rambut rontok. Untuk menfaatkan Jahe sebagai obat untuk mencegah atau membantu mengatasi masalah ini dapat dilakukan dengan cara yang hampir sama seperti mengolah bawang putih dan proses pemakaiannya juga.

3. Teh Hijau

Daun teh dapat ditemukan di puncak Bogor, namun kali ini anda tidak perlu kesulitan untuk mencari daun teh karena kita hanya akan memanfaatkan Teh hijau. Teh hijau dipercaya memiliki khasiat untuk mengurangi serta mengatasi rambut rontok dan juga meningkatkan pertumbuhan rambut. Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi dimiliki oleh Teh hijau. Cara memanfaatkan teh hijau sebagai obat adalah dengan menyeduh 2 kantung teh hijau menggunakan air hangat. Selanjutnya Tuangkan seduhan teh hijau yang sudah siap ke rambut dan kulit kepala yang rontok. Biarkan selama satu jam dan dibilas hingga bersih.

 4. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah lama digunakan untuk membuat rambut menjadi sehat. Dari dulu Orang Indonesia telah memanfaatkan lidah buaya sebagai obat alami untuk membantu kesehatan rambut karena dapat mengembalikan tekstur sel-sel kulit rusak serta meremajakan sera membentuk sel-sel jaringan rambut agar lebih sehat. Cara memanfaatkan lidah buaya sebagai obat mengatasi kerontokan rambut yaitu memotong lidah buaya yang berukuran besar, yang memiliki daging tebal. Belah lidah buaya tersebut menjadi dua bagian, selanjutnya ambil isi yang ada di dalamnya dan usapkan ke seluruh bagian kepala secara merata kemudian biarakan selama 15 sampai 20 menit.

5. Jeruk Nipis

Biasanya Jeruk nipis dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai obat sakit tenggorakan dan menghilangkan bau amis di ikan dan banyak khasiat lainnya dari jeruk nipis. Khasiat lainnya dari jeruk nipis ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai pencegah rambut yang rontok. Cara alami ini ini cukup dengan mengiris buah jeruk nipis kemudian usapkan ke kulit kepala. Selain mengatasi rambut rontok juga dapat membantuk untuk menghilangkan ketombe secara efektif.

6. Minyak Kemiri

Dibebarapa Daerah di Indonesia, banyak orang yang menggunakan Minyak kemiri untuk menumbuhkan kumis maupun jenggot mereka. Minyak kemiri sudah menjadi trend yang sangat populer jika ingin menumbuhkan bulu seperti rambut di bagian-bagian tertentu agar tanpak lebih bergaya. Tentunya minyak kemiri sangat efektif dan ampuh untuk dijadikan sebagai obat untuk mengatasi masalah ini.

7. Alpukat

Alpukat bukan saja dapat dijakan sebagai minuman seperti jus yang enak, tapi juga sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut karena banyak mengandung protein, tentunya protein sangatlah baik untuk pertumbuhan rambut anda.  Cara memanfaatkan buah alpukat untuk obat rambut adalah dengan menghancurkan alpukat di dalam mangkuk agar menjadi halus atau bisa juga dengan diblender agar kental. Selanjutnya alpukat yang telah diolah diusapkan ke rambut hingga merata selama 20 menit.

8. Yoghurt

Yoghurt biasanya dimanfaatkan sebagai minuman yang sangat sehat, karena bersumber dari susu alami. Khasiat yoghurt juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi rambut yang rontok. Menfaatakan Yoghurt sebagai obat dapat dengan dioleskan ke rambut seperti halnya creambat kemudian biarkan selama beberapa menit dan di bilas lagi dengan air.

9. Minyak esensial

 

Minyak esensial sangat efektif untuk dijadikan obat pencegah rambut rontok dan menembuhkan kembali rambut rontak. Beberapa dari minyak esensial yang sangat kami rekomendasikan untuk anda gunakan kebagai obat adalah :

  • Minyak zaitun
  • minyak wijen
  • minyak kelapa

Tuangkan secukupnya sambil melakukan pemijatan selama 2 kali dalam seminggu agar dapat memberikan hasil yang maksimal.

10. Menggunakan Putih Telur

Putih telur sering dijadikan telur ceplok atau di aduk dalam adonan kue Ternyata memiliki segudang manfaat yang dapat digunakan untuk obat mengatasi kerontokan karena terdapat kandung nutrisi  pada putih telur. Nutrisi yang ada pada putih telur tersebut sangat baik untuk rambut yang berfungsi untuk memperkuat folikel rambut.  Untuk memanfaatkan nya anda hanya perlu memisahkan putih telur dengan kuningnya  dan letakan di sebuah wadah. Selanjutnya dikocok sampai berbusa, kemudian manfaatkan putih telur yang telah dikocok sebagai masker rambut dengan mengusap sampai merata dari akar hingga ujung rambut sambil dipijat lembut kulit kepala dan biarkan selam 5 hingga 10 menit.

11. Menggunakan Madu

Khasiat yang di miliki oleh Madu sangatlah banyak, salah satu khasiat madu untuk mengatasi rambut rontok secara alami. Dengan cara mengoleskan madu di rambut sampai merata sambil dipijat lembut pada kulit kepala dan diamkan selama 10 menit.

Hindari penggunaan menggunakan hal-hal berikut sehingga dapat mengakibatkan rambut anda menjadi rontok seperti:

  • Kurangi pemakaian
  • Alat catok
  • Hair dryer
  • Hair spray
  • Pewarna Rambut

Penggunaan alat di atas dapat membahayakan kesehatan rambut. Sebaiknya hindari menggunakan penggunaan alat tersebut dengan rutin.

Lakukan Tindakan Ini Untuk Merawat Rambut

Keramas Teratur

Jarang keramas dapat menjadi salah satu penyebab dari rontoknya rambut. Oleh karena itu lakukanlah keramas sesering mungkin minimal seminggu 2 kali. Selain dapat mencegah rambut rontok juga dapat mencegah datangnya ketombe.

Konsumsi vitamin A, B, C, dan E

Mengkonsumsi vitamin A, B, C, dan E dapat membantu anda untuk mengatasi masalah rontok rambut, orang yang jarang mengkonsumsi vitamin biasaya lebih mudah untuk mengalami masalah ini.

  • Vitamin A dari wortel atau jeruk
  • Vitamin B dari kacang-kacangan
  • Vitamin C dari jeruk atau mangga
  • Vitamin E dari hati atau telur
Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Ampuh | Lucy | 4.5

Berita Lainnya