Cara Membuat Ayam Kalio Enak Untuk Lebaran

Cara Membuat Ayam Kalio Enak Untuk Lebaran

Cara Membuat Ayam Kalio Enak Untuk Lebaran Resep Masakan – Apakah anda tau apa bedanya kalio dengan gulai?? Perbedaan ada dari cara memasaknya. Pada tau gak ya cara membuat ayam kalio?? Sebenarnya simple aja, proses memasak kalio, bumbunya ditumis terlebih dahulu sampai harum, baru ditambahkan bahan-bahan lainnya, terakhir baru dimasukkan santan. Sedangkan pada gulai, semua bumbu mentah dimasak bersama santan hingga mendidih. Bumbu yang digunakan, antara kalio dan gulai tidaklah banyak berbeda. Biasanya ayam kalio di buat saat menjelang lebaran, resep ayam kalio ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengolah ayam selain dimasak opor. Rasanya yang pedas dan sangat di sukai masyarakat indonesia maupun luar negri, rasanya pun hampir mendekati olahan rendang, cocok sekali bagi anda yang kurang menyukai rasa gurih opor

Nah bagi anda yng tidak biasa dengan rasa pedas, anda bisa mengurangi cabe nya sesuai kebutuhan anda, dan juga bagi anda yang sangat menyukai pedas, anda juga bisa menambah sendiri cabe nya sesuai selera anda, yang penting apapun selera anda tetap jaga kesehatan ya.

Untuk penggunaan nya itu tergantung selera anda, jika anda kurang menyukai ayam kampung, anda juga bisamenggantinya dengan ayam broiler atau yang biasa di sebut ayam potong. Karena Ayam broiler lebih cepat empuk, jadi anda tidak perlu terlalu lama di dapur, jadi waktu yang dibutuhkan untuk memasak pun akan lebih sebentar.

Bahan lain yang umum yang digunakan untuk membuat kalio selain ayam ada juga udang dan tetelan daging sapi. Anda bisa bebas berkreasi untuk membuat dan menyajikan kalio yang sesuai dengan selera makan anda. Kali ini kami akan menyajikan resep kalio ayam yang bisa anda coba di mana pun anda berada, berikut bahan-bahannya:

 Bahan-bahan:

  • 1 ekor ayam broiler atau ayam kampung, (700 gr), bersihkan dan cuci, kemudian potong menjadi 8 bagian
  • 700 ml santan dari ½ butir kelapa
  • 2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus:

  • 4 buah cabai merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm jahe
  • 4 siung bawang merah
  • 2 cm kunyit
  • 1 cm lengkuas muda
  • 1 sdm garam
  • 2 buah asam kandis

Cara membuat

  1. Siapkan minyak panas, Tumis semua bumbu yang sudah dihaluskan bersama asam kandis hingga harum. kemudian Masukkan potongan ayam broiler, dan aduk hingga berubah warna.
  2. Tuangkan santan, di aduk hingga matang agar bumbunya meresap sempurna, jangan membiarkannya mendidih terlalu lama tanpa di aduk, karna akan menurun kan kualitas ayam kalio anda dan membuat santan menjadi seperti air tidak lagi kental. Kemuadian matikan apinya dan Angkat.
  3. Hidangkan untuk keluarga anda dengan taburan bawang goreng di atasnya.

Selamat mencoba cara membuat ayam kalio, semoga resep kali ini bisa semakin melengkapi koleksi resep lebaran anda. Jika anda menyukai lontong, ayam kalio ini sangat enak di di makan bersama dengan lontong. Sselamat mencoba…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *