Bagaimana Hukum Bagi Pelaku Onani dan Masturbasi Dalam Islam

Share:

Bagaimana Hukum Bagi Pelaku Onani dan Masturbasi Dalam Islam Dalam ajaran agama Islam, kesehatan adalah kemaslahatan bagi umatnya di duniawi yang wajib dijaga selagi tak berlawanan dengan kemaslahatan ukhrawi atau dengan kata lain yang tidak bertentangan dengan kemaslahatan yang lebih besar.  Dengan menjaga kesehatan maka kita akan memiliki fisik yang sehat dan pikiran yang positif.

Dengan tubuh yang sehat dan pikiran yang sehat maka kita dapat mengerjakan berbagai aktifitas.Kita sangat menginginkan memiliki pikiran yang sehat dan tubuh yang kuat. Tapi hal itu akan terganggu dengan tindakan seorang yang berbuat Onani dan masturbasi. Perbuatan onani dan masturbasi akan mengurangi daya pikiran dan kesehatan kita.

Kebanyakan dari penyakit ini diidap oleh orang yang suka menonton film mesum 3gp. Biasanya mereka terbangkit nafsunya setelah menonton film mesum yang telah di download. Hal ini akan menciptakan rangsangan tersendiri yang mendorong seseorang untuk melakukan onani atau masturbasi.

Efek yang ditimbulkan oleh onani dan masturbasi ini beragam, tapi jika dilihat dari segi kesehatan tubuh dan pikiran maka akan sangat jelas akan mengurangi kemampuan berpikir dan kesehatan si pelaku onani dan masturbasi.

Lalu, Bagaimana Hukum Bagi Pelaku Onani dan Masturbasi Dalam Islam ?

Apakah hukum onani dan masturbasi Sama Dengan Zina

Sayyid Sabiq menjelaskan mengenai hal ini dengan mengutip  perbedaan pendapat yang terjadi dikalangan para ulama dalam permasalahan onani dan masturbasi :

1. Tiga ulama besar Maliki, Syafi’i serta Zaidiyah mengeluarkan pendapatnya mengenai onani dan masturbasi hukumnya adalah haram. Hukum dasar dari pendapat tiga ulama ini terhadap pengharamannya adalah berdasarkan firman Allah SWT yang telah mewajibkan  hambanya untuk menjaga kemaluannya untuk segala kondisi kecuali terhadap muhrimnya yaitu istri dan juga budak perempuannya.

Bagaimana Hukum Bagi Pelaku Onani dan Masturbasi Dalam Islam

2. Berbeda dengan pendapat tiga ulama diatas, para ulama yang bermadzhab Hanafi memiliki pendapat yang berbeda mengenai hukum dari onani dan masturbasi, Mereka berpendapat bahwa onani hanya diharamkan dalam kondisi-kondisi tertentu dan menjadi wajib pada kondisi yang lainnya.

Perbuatan onani hukumnya menjadi wajib  jika seseorang  takut jatuh dalam perzinahan, apa bila ia tidak melakukannya. Hal ini juga berkaitan dengan kaidah usul fiqh yaitu mengambil kemudharatan yang lebih ringan.

Hukum onani menjadi haram apabila hanya dilakukan hanya untuk bersenang- senang untuk membangkitkan syahwatnya. Para ulam juga menjelaskan bahwa onani dibolehkan  apabila seseorang itu telah dikuasai oleh nafsu syahwatnya dilain pihak ia tidak mempuyai istri atau budak perempuan demi menenangkan syahwatnya.

3. Para ulama pengikut madzhab Hambali memiliki pendapat yang hampir sama dengan para ulama mazhab Hanafi. Mereka berpendapat hukum onani adalah harama tapi dia takut masuk kedalam perzinahan maka dibolehkan karena tidak memiliki istri atau budak atau karena tidak mempuyai kemampuan untuk menikah, dengan demikian onani tidaklah masalah.

4. Seorang ulama yaitu Ibnu Hazm memiliki pendapat mengenai onani itu hukumnya makruh sehingga tidak ada dosa karenanya disebabkan oleh seseorang yang menyentuh kemaluannya dengan menggunakan tangan kirinya itu dibolehkan menurut ijma seluruh ulama karenanya onani itu bukanlah suatu perbuatan yang diharamkan. Firman Allah swt

Bagaimana Hukum Bagi Pelaku Onani dan Masturbasi Dalam Islam

5. Dua ulama yaitu Ibnu Umar dan Atho’ berpendapat bahwa onani itu makruh karena onani bukan perbuatan terpuji serta bukanlah prilaku yang mulia.

 Dari lima pendapat ulama yang telah dikemukan tidak ada yang secara tegas  onani adalah perbuatan yang sama dengan zina. Namun, para ulama sepakata bahwa perbuatan onani seuatu perbuatan yang mendekati zina. seperti firman Allah swt

Apakah Onani Mesti Dengan Menggunakan Tangan

Pengertian dari Masturbasi adalah perbuatan yang menggunakan anggota tubuh untuk  menyentuh, menggosok serta meraba bagian tubuh sendiri yang sensitif sehingga membangkitkan hasrat nafsu yang menyenangkan guna mendapatkan kepuasan seksual (orgasme) baik tanpa menggunakan alat maupun menggunakan alat.

Pengertian dari onani sama dengan pengertian dari masturbasi. Penamaan dari onani sering dikaitkan dengan perbuatan yang dilakukan oleh pria dan masturbasi perbuatan yang dilakukan oleh wanita.

Istimna’ (onani) yang dibahas dalam buku-buku leteratur fiqih, onani yaitu perbuatan yang bertujuan untuk mengeluarkan mani dari kemaluan dengan memakai tangan baik tangan sendiri maupun tangan istri bahkan tangan budak perempuannya.

Apa bila menggunakan alat bantu untuk onani dan masturbasi dianggap sama dengan  dengan istmina’. Hal ini berdasarkan kepada subsatansi perbuatan itu sama yang dilakukan dengan tujuan sama-sama mengeluarkan mani atau sperma guna memperoleh satu kenikmatan. Kondisi ini bisa dikarenakan oleh perbuatan seseoang yang terpaksa atau tidak, dianya memiliki hukum yang sama.

Timbulnya hasrat ingin melakukan perbuatan onani bisa diakibatkan oleh karena seseorang terangsang karena terbanyang perbuatan mesum atau sejenisnya. Namun, apabila onani dan masturbasi dilakukan karena menonton film-film mesum hukumnya adalah haram. Hukum menonton filem mesum haram karena  telah menyaksikan aurat orang lain yang haram atau bukan muhrim baginya. Pada dasarnya menonton aurat orang lain dengan menonton film mesum sama dengan melihat auratnya secara langsung dan ini adalah haram.

Tips dan Cara Bagaimana mengatasi kebiasaan Onani .

Adapun solusi bagi orang yang telah terbiasa onani dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk meninggalkan kebiasaan onani dan masturbasi agar tidak terjerumus kepada zina dan juga mengurangi daya ingat bahkan merusak kesehatan anda.

Mengutip dari saran dari DR. Muhammad Shaleh al Munjid mengenai cara mencegah onani dan masturbasi oleh seseorang, maka dapat mencoba cara berikut ini :

Bagaimana Hukum Bagi Pelaku Onani dan Masturbasi Dalam Islam

Bagaimana Hukum Bagi Pelaku Onani dan Masturbasi Dalam Islam

Bagaimana Hukum Bagi Pelaku Onani dan Masturbasi Dalam Islam

Bagaimana Hukum Bagi Pelaku Onani dan Masturbasi Dalam Islam

Bagaimana Hukum Bagi Pelaku Onani dan Masturbasi Dalam Islam

Bagaimana Hukum Bagi Pelaku Onani dan Masturbasi Dalam Islam

sumber : eramuslim.com

 

Advertisement
Bagaimana Hukum Bagi Pelaku Onani dan Masturbasi Dalam Islam | Lucy | 4.5

Berita Lainnya