9 Pembalut dan 7 Pantyliner mengandung Klorin Mengancam Wanita

9 Pembalut dan 7 Pantyliner mengandung Klorin Mengancam Wanita

9 Pembalut dan 7 Pantyliner mengandung Klorin Mengancam WanitaBerita Terbaru Bahaya Pembalut : Baru-baru ini Indonesia Heboh dengan berita beredarnya pembalut yang berbahaya untuk perempuan. Berita terbaru ini sebenarnya sudah lama ada, namun kali ini Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) melakukan penelitian terhadap pembalut yang diduga berbahaya. Dari temuan YLKI terdapat sembilan dari merek pembalut yang sangat berhaya untuk kesehatan manusia terutama perempuan karena selaku pemakai paling besar di Indonesia. Pembalut-pembalut ini mengandung zat yang berbahaya untuk kesehatan karena mengandung klorin

Apa Itu Klorin : Kenapa klorin itu berbahaya dan harus dihindari? untuk menjawab pertayaan tersebut ada baiknya anda tetap terus membaca agar anda tahu bahayannya klorin.

SEJARAH KLORIN

Lebih dari satu abad zat kimia klorin dipakai guna memutihkan kertas, penggunaan klorin sebagai bahan pemutih kertas dikarenakan kertas yang baru diproduksi secara alami yaitu tidak ada pemakaian unsur kimia kertas tersebut berwarna coklat muda. Pada Umumnya industri pulp dan kertas mencampakan limbah klorin ke air yang berdampak terbentuknya banyak senyawa berbahaya, seperti dioxin “senyawa kimia berbahaya yang termasuk dalam kategori organoklorin”. Klorin yang dianggap sangat berhadaya untuk  lingkungan hidup manusia mendorong masyarakat di dunia moderen melakukan tekanan serta protes keras untuk industri yang memakai klorin.  Jauh hari penggunaan dari klorin merupakan sebagai gas beracun di Perang Dunia I oleh Jerman (masa Hitler).

TOKSIN (RACUN) PADA GAS DAN CAIRAN KLORIN

Apapun bentuknya, Klorin dalam bentuk gas maupun cairan dianggap mengancam keselamatan manusia karena mengandung #racun yang tinggi#, Bahkan dapat mengakibatkan kematian serta cacat permanent. Sebuah organisasi di AS yaitu  EPA (Agency Proteksi Lingkungan Hidup Amerika) mengatakan bahwa zat klorin masuk kategori kimia yang berpotensi mengakibatkan kematian.

Dengan adanya berita mengenai bahayanya pembalut  yang digunakan oleh wanita yang dapat memicu terjadinya Kanker Servix .  Kanker Serviks (Cervical Cancer) atau disebut kanker mulut rahim. Kanker serviks merupakan penyakit kanker yang berada pada daerah leher rahim. Daerah leher rahim itu merupakan wilayah  pada organ reproduksi perempuan, dimana itu merupakan pintu masuk ke arah rahim. Posisinya yaitu berada antara rahim (uterus) dan liang senggama wanita (vagina).  Kanker Serviks atau kanker mulut rahim ini 99,7% dikarenakan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang berupaya untuk  menyerang leher rahim. Apabila leher rahim telah mendapat serangan tidak menutup kemungkinan ia akan  menyebar ke organ-organ lain di seluruh tubuh penderita.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh YLKI telah ditemukan fakta bahwa pembalut yang mengandung zat kimia klorin (yang berbahaya) paling banyak adalah 9 merek yang paling banyak digunakan oleh perempuan. Posisi pertama merek yang mengadung klorin adalah CHARM dengan  kandungan 54,73 ppm. posisi kedua setelah CHARM adalah Nina Anion dengan kandungan klorin sebanyak 39,2 ppm. Yang menepati posisi ketiga adalah merek My Lady dengan kandungan klorin 24,4 ppm. Posisi kelima adalah VClass Ultra dengan kandungan klorin sebanyak 17,74 ppm. Dan Lima merek lainnya seperti Kotex, Hers Protex, LAURIER, Softex, serta SOFTNESS  berada diposisi berikutnya dengan kandungn klorin 6-8 ppm.

9 Merek yang mengandung Klorin Berbaya:

  1. CHARM dengan  kandungan 54,73 ppm
  2. Nina Anion dengan kandungan klorin sebanyak 39,2 ppm
  3. My Lady dengan kandungan klorin 24,4 ppm
  4. VClass Ultra dengan kandungan klorin sebanyak 17,74 ppm
  5. Kotex dengan kandungn klorin 6-8 ppm
  6. Hers Protex dengan kandungn klorin 6-8 ppm
  7. LAURIER dengan kandungn klorin 6-8 ppm
  8. Softex dengan kandungn klorin 6-8 ppm
  9. SOFTNESS dengan kandungn klorin 6-8 ppm

Ternyata zat berhaya klorin tidak saja terdapat pada pembalut, namun kandungan zat berbahaya klorin juga ditemukan di 7 merek pantyliner diataranya yaitu :

  1. V Class
  2. Pure Style
  3. My Lady
  4. Kotex Fresh Liners
  5. Softness Panty Shields
  6. CareFree superdry
  7. LAURIER Active Fit

Klorin dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit terhadap bagian kewanitaan selain kanker yaitu gatal-gatal, keputihan, dan iritasi pada bagian vital wanita ini. Konsumen Indonesia mengalami masalah yang cukup rumit dimana diperkirakan sekitar 52 persen produsen dari Pembalut dan pantyliner tidak mencantumkan komposisi zat  pada kemasannya. Hal ini akan menjadi ancaman tersendiri untuk kesehatan tubuh wanita terutama untuk menjaga bagian vital wanita. Padahal pemerintah telah mengeluarkan UU perlindungan konsumen pasal 4 yang memuat hak dari konsumen atas produk yang akan digunakan yaitu 1. hak atas informasi, 2. hak untuk memilih, 3. hak didengar pendapat dan keluhannya, 4. hak atas advokasi, 5. pembinaan pendidikan, 6. Dan  hak untuk mendapatkan ganti rugi,”.

Pembalut dan Pantyliner Ada yang lebih Berbahaya

Kekhawatiran dari perempuan di Indonesia ternyata di tanggapi oleh Kementerian Kesehatan, Menkes meminta perempuan Indonesia untuk tidak khawatir dengan terdapatnya kandungan klorin pada Pembalut dan Pantyliner. Menurut Menkes yang lebih berbahaya itu adalah Pembalut dan Ppantyliner yang  mengandung dioxin.

Apa itu Dioxin : Pengertian Dioxin merupakan bagian dari ratusan senyawa kimia yang beracun dan berbahaya yang larut dalam lemak serta sangat stabil di lingkungan samapai bakteri di alam-pun tidak mampu menguraikannya. Dioxin ( Tetraclorodibenzo-p-dioxin “TCDD “) memiliki rumus kimia : C12H4O2Cl4 adalah zat yang memiliki kandungan senyawa kimia yang berbahaya.

Zat kimia Dioxin tidak muncul dari alam, namun berasala dari hasil sampingan olahan industri yang terjadi akibat pembakaran senyawa kimia yang mengandung Clorine.

Efek dari Dioxin untuk kesehatan

9 Pembalut dan 7 Pantyliner mengandung Klorin Mengancam Wanita

Menurut Menkes zat kimia yang tidak boleh ada di Pembalut dan Pantyliner adalah Dioxin bukan klorin. Berikut penjelasannya yang kami kutip dari Kompas.com

9 Pembalut dan 7 Pantyliner mengandung Klorin Mengancam Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *