8 Cara mencegah Kehamilan Permanen Dan Hukumnya Dalam Islam

Share:

8 Cara mencegah Kehamilan Permanen Dan Hukumnya Dalam Islam – Kesehatan – Hamil dan punya anak merupakan sebuah impian dari setiap pasangan yang telah menikah. Keinginan ingin hamil juga sangat diinginkan oleh pasangan yang baru menikah. Sebuah kebahagian yang tak terhingga akan di rasakan oleh pasangan ini jika istrinya telah hamil. Namun, tidak demikian dengan sebagian orang, mereka lebih menunda untuk hamil, seperti yang dilakukan oleh kebanyakan artis. Banyak artis dan wanita karir lebih memilih untuk menunda kehamilan dan tidak ingin punya anak lebih dahulu karena tidak ingin mengganggu perjalanan karirnya. Tapi tidak menutup kemungkinana ada alasan lainnya kenapa pasangan tersebut menunda untuk hamil atau mencegah kehamilan seperti karena sakit atau faktor ekonomi.

Kenapa mencegah untuk hamil, karena bisa jadi kehamilan merupakan sebuah tantangan yang belum siap mereka hadapi dan takut akan kehilangan sesuatu yang sedang mereka kerjakan sekarang. Seorang calon ibu dan ayah membutuhkan dedikasi dan kesabaran untuk menjalankan masa kehamilan selama sembilan bulan.
Mencegah kehamilan dirasa sebagai solusi yang baik bagi pasangan ini. Untuk mereka menunda kehamilan merupakan pilihan agar mereka dapat terus bekerja. Namun hal sebebaliknya dapat terjadi jika orang yang menunda kehamilan karena mememiliki masalah kesehatan, jika mereka hamil lagi maka akan mengancam keselamatan dari calon ibu yang sedang mengandung. Bukan ibunya saja yang akan terancam keselamatannya tapi sang bayi.

Salah satu cara untuk tidak hamil yaitu dengan metode Sterilisasi yang dinyakini dapat menghindari istri hamil dan cara ini merupakan solusi permanen yang dapat dilakukan oleh pasangan untuk menunda kehamilan. Cara ini dapat mencegah seorang istri untuk hamil dan mencegah suami mengeluarkan sperma.

Berikut ini merupakan rangkuman 8 cara untuk tidak hamil atau mencegah kehamilan :

1. Sterilisasi implan

Implan sterilisasi merupakan metode yang tidak membutuhkan operasi guna menghalangi saluran tuba falopi. Tips dan Trik ini dijalankan dengan meletakan tabung tipis melalui vagina ke dalam rahim. Untuk menjalankan tidak dibutuhkan operasi. Dalam masa tiga bulan kemudian jaringan parut yang tercipta pada sekitar sisipan itu akan menghalangi saluran tuba yang membuat sperma tak mampu mencapai sel telur. Dengan menggunakan metode ini secara efektif dapat mencegah kehamilan.

2. Ligasi tuba

Ligasi tuba merupakan salah satu metode sterilisasi permanen yang dijalankan melalui operasi. Cara ini jalankan dengan memotong serta mengikat tuba falopi dari wanita. Cara adalah cara efektif mencegah kehamilan karena dapat menghalangi jalan antara ovarium dengan rahim. Mani atau Sperma tak dapat mencapai sel telur sehingga tidak terjadi pembuahan.

3. Vasektomi

Vasektomi merupakan cara dan trik mencegah kehamilan yang paling efektif dan permanen. Metode ini dilakukan dengan memotong serta menutup vas deferens {saluran sperma}. Cara dijalankan dengan menghalangi saluran diantara testis dan uretra. Mani / Sperma yang dikeluarkan oleh testis tidak dapat keluar dan menghasilkan pembuahan. Dibutuhkan waktu selama tiga bulan agar benar-benar efektif untuk mencegah kehamilan.

Sebelum anda melakukan cara-cara ini sebaiknya anda melakukan konsultasi yang baik dengan dokter spesialis.

4. Gunakanlah Alat Kontrasepsi (Kondom)

Kondom bukanlah benda asing bagi anda pasangan suami istri. Untuk mencegah kehamilan dengan menggunakan kondom umumnya digunakan oleh banyak pihak. Bahkan pasangan non-muhrim pun sering menggunakan untuk mencegah kehamilan. Dengan menggunakan kondom untuk mencegah sperma masuk kerahim diaggap efektif oleh banyak orang. Saat anda mengeluarkan sperma maka seperma anda tidak akan sampai ke rahim karena terhalang dan tersimpan dalam kantong kondom.

5. Sperma Dikeluarkan di Luar Vagina

Apa penyebab kehamilan ? Tentunya Kehamilan terjadi karena adanya sperma yang masuk ke rahim. Biasanya untuk mecegah untuk hamil seorang suami melakukan cara alami untuk membuat istrinya tidak hamil. Setiap melakukan hubungan intim biasaya suami selalu menjaga diri nya untuk dengan sengaja melngeluarkan sperma diluar kemaluan istrinya. Mengeluarkan sperma diluar vagina istri memang tidak seenak mengeluarakan di dalam rahim. Namun, anda mungkin punya alasan kuat untuk tidak mengeluarkannya di vagina istri.

Baca juga : Bagaimana Hukum Mengeluarkan Mani (Sperma) di Luar Kemaluan Istri

6. Minuman Soda Mencegah Hamil

Ada mitos yang dipercaya dapat mencegah kehamilan oleh anak-anak, remaja atau orang dewasa yang telah melakukan hubungan intim. Banyak pasangan ini menyakini cara ini sangat efektif terlebih tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Anda hanya perlu beli minuman bersoda dan meminumnya. Walaupun, masih sangat banyak orang mempertanyakan tentang mitos ini, pada kenyataannya orang tetap melakukannya. Meminta istri untuk meminum soda setelah berhubungan intim itulah caranya.

7. Morning-after pill

Morning-after pill juga dikenal dengan kontrasepsi darurat merupakan salah satu alat kontrasepsi pil berisi levonogestrel dengan dosis tinggi, pemakaian pil ini maksimal 72 jam setelah bersentubuh. Keamanan untuk pil yang satu ini pada dasarnya belum pernah diuji kepada seorang wanita, tapi organisasi makanand dan administrasi obat obatan FDA (Food and Drug Administration) telah mengijinkan penggunaannya.

Cara kerja dari alat kontrasepsi darurat tersebut yaitu dengan cara menghambat ovulasi, yang bermakna sel telur tak akan dihasilkan. Seorang wanita akan mengalami perubahan siklus menstruasi juga memundurkan ovulasi.

Obat mencegah hamil ini ternyata memiliki beberapa Efek samping seperti merasa Mual, mengalami muntah, parahnya dapat mengakibatkan infertil (mandul), terasa nyeri di payudara, serta kehamilan ektopik yang bisa mengancam nyawa, bahkan pembekuan darah. Khasiat dari obat ini untuk mencegah kehamilan mencapai 85%.

8. Perangkat intrauterin atau IUD
Intrauterine devices (IUD) yang juga dikenal dengan spiral merupakan implan dengan bahan plastik yang diletakan di dalam rongga rahim wanita yang harus dicek dan diganti secara periodik. Alat KB IUD terkenal karena jenis kontrasepsi ini mampu untuk mencegah kehamilan dalam jangka panjang dan sangat efektif.
Lalu bagaimana hukum Islam mengenai cara mencegah kehamilan ? berikut ini adalah ulasan dari  muslim.or.id ” hukum mencegah kehamilan dalam Islam”
 8 Cara mencegah Kehamilan Permanen Dan Hukumnya Dalam Islam
 8 Cara mencegah Kehamilan Permanen Dan Hukumnya Dalam Islam 8 Cara mencegah Kehamilan Permanen Dan Hukumnya Dalam Islam 8 Cara mencegah Kehamilan Permanen Dan Hukumnya Dalam Islam 8 Cara mencegah Kehamilan Permanen Dan Hukumnya Dalam Islam 8 Cara mencegah Kehamilan Permanen Dan Hukumnya Dalam Islam
Cara mencegah hamil dapat dilakukan dengan beberapa metode agar tidak hamil.  Berikut ini adalah beberapa kata kunci yang dicari agar tidak hamil.
Advertisement
8 Cara mencegah Kehamilan Permanen Dan Hukumnya Dalam Islam | Lucy | 4.5

Berita Lainnya