Indonesia Dan Rudal Tercanggih Dunia

Share:
Indonesia Dan Rudal Tercanggih Dunia – Peluru kendali (atau juga disebut sebagai rudal), merupakan peluru berpandu/misil dimana senjata roket canggih militer yang telah dibenamkan berbagai teknologi canggih kemudian dapat dikendalikan dengan kata lain memiliki sistem pengontrol otomatis guna mencari target atau menemukan arah sasaran. Dalam dunia militer yang digunakan sehari-hari, penggunakan istilah “misil” direferensikan kepada roket dengan menggunakna sistem kendali, berbeda dengan “roket” yaitu senjata yang digunakan atau roket tanpa sistem kendali. Daya hancur kedua nya hampir sama tergantung dari ukuran dan teknologi yang digunakan, perbedaan yang menonjol adalah penggunaan simstem kendali itulah perbedaan antara roket dan rudal {misil dengan roket}.
 
Negara pertama yang mengunakan Peluru kendali untuk sebuah operasi adalah negara Jerman yang menggunakan peluru kendali dalam Perang Dunia II. Peluru kendali yang paling terkenal adalah rudal V-1 dan rudal V-2, dari kedua rudal ini sama-sama menggunakan sistem autopilot simple untuk menjaga kesetabilan arah terbang peluru agar tetap pada yang rute yang telah ditentukan sebelumnya.
Pada masa pemerintahan Presiden Soekarnoe, Indonesia memiliki peluru kendali atau rudal buatan Rusia yang mampu menjaga wilayah udara NKRI dari Belanda dan juga negara lainnya. Bahkan pada masa sang proklamator Indonesia sedang mengembangkan sistem peluru kendali buatan Indonesia [ rudal buatan Indonesia]. Yang diharapakan nantinya rudal itu akan mampu menjaga wilayah kedaulatan Indonesia. Dimulai dengan mengrim para insiur Indonesia ke negara sahabat untuk mempelajari sistam dan teknologi peluru kendali atau rudal yang akan diterapkan pada rudal Indonesia nantinya. Namun, usaha sempat sirna karena pergantian kepamimpinan hampir semua program Soekarnoe di hentikan. Kini Indonesia kembali bangkit setelah orde baru di jatuhkan, semangat menciptakan rudal buatan Indonesia kembali menggelora dimulai dengan menciptakan roket canggih yang mampu menjangkau tentangga.
1 Berbagai Jenis peluru kendali : 
⇒Peluru kendali balistik
⇒ Peluru kendali jelajah
⇒ Peluru kendali anti-kapal
⇒ Peluru kendali darat ke udara
⇒ Peluru kendali udara ke udara
⇒ Peluru kendali anti-tank
⇒ Peluru kendali anti-balistik
⇒ Peluru kendali anti-satelit
⇒ Joint Direct Attack Munition
⇒ Torpedo
2 Pemandu peluru kendali
⇒Pemandu radar
⇒ Pemandu inframerah
⇒Elektro-optikal
Peluru kendali balistik (rudal Balistik)
 
Rudal balistik adalah rudal yang menggunakan lintasan trayektori yang ditetapkan oleh balistik di sistem pengirimannya. Rudal dikendalikan khusus pada saat peluncuran saja. Rudal balistik yang pertama yang sangat mematikan adalah roket V-2 yang sangat populer dan menakutkan, roket ini dikembangkan oleh Nazi Jerman. Adapun pengembangan dari roket ini terjadi pada masa 1930-an sampai 1940-an atas perintah dari Walter Dornberger. Rudal balistik dapat diluncurkan dari peluncuran tetap seperti silo misil {seperti yang baru-baru ini heboh dengan Rudal balistik silo Iran yang diketahui dari peluncuran saat uji cobanya}, kendaraan peluncur (seperti yang dimiliki oleh AS, Rusia dan negara lainnya), pesawat(Rudal balistik juga dapat diluncurkan pesawat), kapal dan bahkan kapal selam. Proses peluncuran dari Rudal balistik dapat berlangsung dalam waktu puluhan detik hiungga beberapa menit. Adapun Trayektori rudal balistik dapat terdiri dari tiga proses yaitu proses peluncuran, proses terbang bebas dan proses memasuki kembali atmosfer Bumi.
 
Peluru kendali jelajah (Rudal Jelajah)
Rudal jelajah adalah rudal yang menggunakan sayap dan memakai jet sebagai energi penggerak. Rudal jelajah intinya merupakan jenis bom terbang. Rudal jelajah didesain untuk membonyong hulu ledak konvensional dengan jumlah besar bahkan mampu untuk membawa nuklir serta mampu menjangkau ratusan mil. Rudal jelajah memiliki tingkat akurasi tinggi untuk menghancurkan target yang dituju. Rudal jelajah modern mampu terbang dengan mencapai kecepatan supersonik bahkan juga bisa di atas subsonik, memamakai sistem kendali otomatis serta terbang di ketinggian rendah agar mampu untuk menghindari radar. peluru kendali jelajah pertama yang diciptakan yaitu Kettering Bug yang diciptakan oleh Amerika Serikat di 1917. Rudal jelajah tersebut digunakan dalam Perang Dunia I.
Cara kerja Rudal jelajah : Rudal jelajah ini akan terbang lurus pada waktu yang sudah ditetapkan sebelumnya selanjutnya sayapnya akan dilepaskan dan kemudian badan rudal yang mengandung hulu ledak jatuh menghujam target. Rudal jelajah ini tidak pernah dipakai saat perang karena Perang Dunia I selesai sebelum rudal ini dapat digunakan. Rudal jelajah yang sangat terkenal diataranya yaitu BGM-109 Tomahawk AS yang mampu mencapai jangkauan 1.100 km. 
Advertisement
Indonesia Dan Rudal Tercanggih Dunia | Lucy | 4.5

Berita Lainnya